Get me outta here!

Cara Menanam Tomat dengan Mudah di Pekarangan Rumah

Cara Menanam Tomat dengan Mudah di Pekarangan Rumah

Tomat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat, baik itu bagi kesehatan ataupun bagi kecantikan. Tanaman tomat juga bisa membuat pekarangan rumah Anda menjadi segar dan sejuk bila dilihat. Ada banyak sekali cara menanam tomat di internet yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Manfaat Tomat Bagi Tubuh

Tomat dikenal sebagai buah dengan sejuta manfaat. Ada banyak sekali kandungan gizi yang terdapat pada tomat. Beberapa contoh kandungan gizi tersebut adalah vitamin A, vitamin C, beta karoten, likopen, asam folat, dan antioksidan. Rutin mengonsumsi buah tomat dipercaya dapat menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Tomat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi membuat tomat mampu meningkatkan produktivitas retina, sehingga mata Anda menjadi sehat. Selain itu, ternyata tomat juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan likopen, beta karoten, dan vitamin C yang tinggi pada buah merah ini.

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari mengonsumsi tomat adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Terbukti dengan banyaknya produk kecantikan yang menggunakan tomat sebagai bahan utamanya. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi menjadikan tomat cocok sebagai bahan perawatan bagi wajah dan kulit Anda.

Cara Menanam Tomat di Pekarangan Rumah

Tanaman tomat sangat mudah tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia. Oleh karena itu, Anda bisa dengan mudah menemukan buah tomat di pasaran. Selain itu, cara menanam tomat pun terbilang cukup mudah, Anda bisa melihatnya pada https://artikel.rumah123.com/.

Biasanya, tomat-tomat yang dijual di pasaran merupakan tomat yang berasal dari para petani. Banyaknya pestisida yang melekat pada kulit buah tersebut menjadikannya sedikit tidak aman bagi kesehatan tubuh. Anda harus mencuci tomat dengan bersih agar terhindar dari zat bahaya pestisida.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda mencoba untuk membudidayakan tomat sendiri di pekarangan rumah. Selain karena cara menanam tomat mudah dilakukan. Tomat yang Anda hasilkan pun akan lebih aman karena terhindar dari zat bahaya pestisida.

Berikut ini merupakan beberapa tahapan cara menanam tomat di lahan pekarangan rumah Anda. Cara ini masih dapat diterapkan bagi Anda yang memiliki pekarangan rumah yang sempit. Beberapa tahapan tersebut antara lain adalah:

1. Mempersiapkan Benih dan Media Tanam
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan benih tomat dan media tanamnya. Pilihlah benih tomat dengan kualitas unggulan, agar hasil yang didapat menjadi bagus. Andapun media tanam yang digunakan adalah campuran tanah humus, pupuk dan arang sekam. Anda bisa menanam tomat pada pot ataupun pada polybag.

2. Menyemai Benih Tomat
Selanjutnya adalah melakukan penyemaian bibit tomat pada media tanam yang telah disiapkan. Adapun perbandingannya adalah 1:1. Selanjutnya letakkan benih tomat yang telah disemai tersebut pada tempat yang tidak terkena hujan dan sinar matahari secara langsung.

3. Penanaman Bibit Tomat dan Perawatan
Benih tomat yang telah disemai biasanya akan tumbuh menjadi bibit tomat setelah 14 hari, Pindahkan bibit tersebut pada pot atau polybag. Rawatlah bibit tersebut dengan menyiramnya dan memberi pupuk secara teratur.

4. Pemanenan
Bibit tomat tersebut akan berbuah setelah kurang lebih 100 hari. Tomat yang sudah matang ditandai dengan perubahan warna buahnya menjadi merah.

Demikianlah cara menanam tomat yang bisa Anda terapkan di rumah. Untuk penjelasan lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi beberapa artikel yang ada di internet.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar