Get me outta here!

Dampak Positif Bermain Game Online untuk Anak

Dampak Positif Bermain Game Online untuk Anak

Bagi para gamer, saat ini Anda bisa membeli kredit game dengan mudah melalui unipin. Kamu bisa mendapatkan unipin dengan harga murah di blibli.com. UniPin adalah startup pembayaran asal Indonesia yang bertujuan untuk memudahkan pembayaran untuk game online.

Berbicara tentang game online, banyak orang tua yang khawatir jika anaknya terlalu sering bermain game, apalagi sekarang sedang jamannya game online. Rata-rata para orang tua berpikiran jika hal tersebut dapat merusak anak mereka, menjadikan mereka bodoh. Sesungguhnya hal tersebut ada benarnya, namun tidak sepenuhnya. 

Ternyata game online juga memiliki dampak positif bagi anak bahkan orang dewasa, baik disadari ataupun tidak. Beberapa game online bisa memberikan benefit positif bagi perkembangan skill sang anak. Dalam hal ini, yang diperlukan adalah pembatasan bukan larangan. Jangan seharian waktunya dipakai untuk bermain game. Apa sajakah dampak positif dari game online untuk anak? Simak ulasan berikut.

Menghilangkan stress
Poin yang pertama mengenai dampak positif bermain game online adalah menghilangkan stress. Aktivitas keseharian yang membosankan akan membuat anak Anda menjadi jenuh. Saat bermain game online, rasa jenuh itu akan bisa mereka atasi. Rasa jenuh ini pastinya berkaitan dengan tingkat stress, nah game online bisa menghilangkan itu semua.

Walaupun anak Anda kalah ketika bermain game online, namun momen-momen saat berusaha menyelesaikan game tersebut akan menghilangkan stress. Setelahnya, anak Anda akan merasa riang kembali dan siap mengerjakan tugas mereka lagi, contohnya tugas sekolah dan belajar.

Karena itu merupakan ide yang bagus untuk mengenalkan anak Anda terhadap game online, Anda jangan takut. Tetapi Anda harus tetap memberikan pengawasan yang memadai, dengan begitu kehidupan anak Anda tetap akan seimbang, dan anak Anda tetap bisa memperoleh benefit positif dari bermain game online ini.

Memberikan Wawasan Baru
Wawasan atau pengetahuan baru tak hanya lewat buku atau film saja tapi juga bisa didapatkan dari mana saja, bahkan dari permainan sekalipun seperti game online. Sekarang ini sudah banyak game online yang justru menjadi sumber informasi penting, seperti ragam kehidupan flora dan fauna yang belum diketahui dengan baik, latar tempat yang berasal dari lingkungan tertentu atau landscape alam semesta, dan sebagainya.

Selama game online berlangsung, orang tua juga perlu terjun langsung mendampingi si anak untuk menanyakan hal-hal menarik yang baru ia tahu dari game online tersebut. Setelahnya, anak dan orang tua bisa sama-sama mencari informasi yang lebih lengkap tentang pengetahuan tersebut pada buku atau sumber referensi lainnya.

Merangsang Munculnya Kreativitas
Para orang tua percaya atau tidak kalau anak yang bermain game online bisa membuat kreativitas anak jadi muncul dan berkembang? Nyatanya dari visual yang ditampilkan pada game online bisa merangsang perkembangan kreativitas si anak. Misalnya saja, dari tampilannya membuat anak ingin menggambar, dari alur videonya membuat anak bisa menceritakan kembali melalui lisan atau tulisan dan sebagainya.

Mempelajari Sikap Pantang Menyerah
Ada level yang harus dilewati agar anak bisa mencapai level tertinggi dalam bermain game online. Ini bisa membuat anak belajar dan sekaligus mengaplikasikan sikap pantang menyerah kalau ingin mendapat hasil yang maksimal. Meskipun ada rasa lelah, terkadang juga harus kalah beberapa kali, tapi karena didorong rasa penasaran dan ingin memberikan yang terbaik, anak akan rela berjuang. Bila perlu ia akan mengulangi terus dan terus hingga berhasil.

Melatih Kerjasama
Ada beberapa game online yang merupakan jenis strategi, jadi pemain dituntut untuk bisa mengatur strategi dengan baik untuk mencapai kemenangan. Di sini kami tidak akan memberikan contoh gamenya. Namun, Anda pasti mengetahui jika sudah melihatnya. Karena itu ketika anak bermain game online, ada baiknya jika Anda mengetahui jenis game yang mereka mainkan.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar