Get me outta here!

Tidak Boleh Sembarangan, Inilah Cara Membersihkan Telinga yang Aman dan Benar

Cara Membersihkan Telinga yang Aman

Pahamkah Anda jika sebenarnya telinga mempunyai mekanisme untuk membersihkan sendiri? Dimana kotoran telinga akan secara otomatis terdorong pada bagian terluar di saluran telinga melalui gerakan bagian rahang ketika mengunyah makanan. Tetapi hal itu bukan berarti Anda tidak harus membersihkan telinga. Tetap melakukan namun perlu cara membersihkan telinga yang benar dan tepat supaya tidak membuat kerusakan pada bagian tubuh penting tersebut. Seperti yang dipahami sudah ada banyak orang yang mengalami masalah pada telinga akibat membersihkan yang kurang tepat.

Sampai dengan saat ini masih ada banyak sekali orang yang melakukan pembersihan pada bagian telinga secara sembarangan. Nah, tanpa sadar hal itu bisa merusak bagian indra pendengaran yang berujung pada masalah besar. Bagi Anda yang belum paham seperti apa cara atau metode yang benar bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Tidak memakai ear candle
Beberapa waktu belakangan ini membersihkan bagian telinga dengan alat ear candle semakin sering digunakan. Padahal cara tersebut tidak terbukti lebih efektif dan lebih aman untuk kesehatan. Sebaliknya, penggunaan itu bisa membuat cidera pada bagian telinga yang terasa seperti terbakar atau saluran telinga tersumbat.

2. Tidak menggunakan cotton buds
Masih banyak cotton buds dijual dipasaran, fungsi utamanya tentu untuk membersihkan bagian telinga. Ingat, ada cara tepat yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kesehatan, kebersihan sekaligus keamanan untuk indera pendengaran. Menggunakan cotton buds bisa saja, tetapi hanya untuk bagian paling luar dan tidak masuk kedalam yang justru mendorong kotoran.

3. Gunakan obat tetes
Jika dibandingkan dengan kedua alat sebelumnya, obat tetes yang satu ini bermanfaat dan aman untuk cara membersihkan telinga Anda. Tenang, ada banyak sekali obat tetes telinga yang dijual di apotik. Jadi fungsi utama obat tersebut adalah untuk melunakkan gumpalan kotoran pada telinga sehingga lebih mudah untuk keluar sendiri.

4. Keluarkan kotoran
Ketika Anda memilih menggunakan obat tetes, pastikan Anda mengeluarkan pula beberapa kotoran yang ada pada telinga tersebut. Umumnya dua hari setelah meneteskan obat tersebut, Anda bisa coba untuk miringkan kepala dan teteskan air hangat kedalam salah satu telinga. Kemudian miringkan secara berlawanan untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada didalam.

5. Keringkan telinga
Setelah menggunakan obat tetes lalu mengeluarkan kotoran yang ada didalamnya, Anda harus mengeringkan telinga. Dimana itu perlu untuk dilakukan secara perlahan karena ketika didalam telinga masih ada kotoran atau basah pasti akan mengganggu aktivitas Anda setiap harinya.

6. Periksakan ke dokter
Tips yang selanjutnya adalah bukan saja membersihkan tetapi juga melakukan perawatan dengan melakukan pemeriksaan pada dokter THT. Dimana itu akan mengetahui kondisi dari telinga Anda. Jika memang masih ada kotoran didalam, dokter akan membantu untuk mengeluarkan kotoran Anda dengan alat sedot khusus atau irigasi telinga.

Nah, itulah beberapa cara atau proses pembersihan telinga yang bisa Anda lakukan setiap saat untuk mendapatkan kesehatan dan keamanan yang baik. Karena tidak jarang ketika telinga tidak pernah dibersihkan pasti akan sangat mengganggu komunikasi Anda. Meskipun wajib, tetapi Anda harus paham bagaimana cara membersihkan telinga dengan benar, aman dan tepat supaya tidak melukai indera pendengaran Anda. Jika memang ada masalah selama proses pembersihan bisa langsung serahkan saja pada dokter ahli THT khusus dalam penanganannya. Sekian, semoga ulasan diatas dapat membantu Anda.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar