Get me outta here!

6 Cara Merawat AC Agar Awet dan Tetap Dingin, Simak Yuk!

Air Conditioner
Sumber: pinterest.com
AC (Air Conditioner) sudah menjadi barang elektronik penting yang paling dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi mengingat cuaca di Indonesia yang kerap membuat kita jadi cepat berkeringat dan lelah karena berbagai aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Maka tak heran, jika sekarang AC menjadi kebutuhan sekunder bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Hampir setiap rumah memasang AC untuk membantu menyejukkan ruangan. Sehingga kegiatan yang dilakukan di rumah pun jadi lebih nyaman. 

Namun, sama seperti barang elektronik lainnya, dimana AC juga bisa rusak kapan saja kalau tidak dirawat dengan benar dan baik. Untuk itu, supaya AC di rumah kamu bisa awet dan tetap dingin, lakukan perawatan yang benar dengan beberapa cara berikut ini yuk!

1. Lakukan Pemeliharaan dengan Rutin

Sumber: pinterest.com
Melakukan pemeliharaan AC dengan rutin sangat disarankan karena ini bisa mempengaruhi performa dan keawetan pada AC itu sendiri. Untuk melakukan tahap ini, ada baiknya memakai jasa servis perawatan AC yang telah ahli. Biasanya perawatan ini meliputi keseluruhan bagian AC yang akan dibersihkan. Kalau kamu memakai AC split, maka bagian mesin indoor dan juga outdoor-nya bakal dibersihkan dengan baik. 

2. Bersihkan Bagian Filter AC

Sumber: pinterest.com
AC yang kotor biasanya terdapat tanda-tanda seperti udara yang dihasilkan tidak sedingin dari biasanya. Masalah ini umumnya bisa disebabkan karena filter AC yang sudah kotor. Dampak filter AC yang kotor bisa menghalangi aliran udara yang keluar dari AC LG. Filter AC sendiri didesain sedemikian rupa agar bisa dilepas dan juga dipasang dengan mudah. Sehingga untuk melakukan pembersihan filter AC-nya pun bisa dilakukan sendiri tanpa perlu menggunakan jasa pembersih AC. Untuk caranya, lepas bagian filternya dan cuci menggunakan air bersih serta sikat gigi bekas. Jika dirasa filter AC-nya terlalu kotor, lebih baik segera ganti dengan yang baru. Lakukan cara pembersihan filter AC minimal 1-2 bulan sekali.

3. Selalu Periksa Tekanan Freon

Sumber: pinterest.com
Freon merupakan bahan pendukung yang bisa menentukan dingin tidaknya pendingin ruangan. Jika terjadi kebocoran, biasanya tekanan freon akan berkurang dan ini bisa berimbas pada AC jadi tidak dingin, bahkan bisa membuat AC mati-nyala sendiri. Maka dari itu, agar AC di rumah kamu bisa awet dan tetap dingin, lakukan lah pemeriksaan pada tekanan freon minimal 6 bulan sekali. Untuk tahap ini, perlu dilakukan oleh orang ahli yang berpengalaman. Kalau tekanan terbukti berkurang, maka mintalah penambahan tekanan freon pada jasa service AC supaya bisa bekerja dengan maksimal.


4. Pasang Termometer di Dalam Ruangan

Sumber: pinterest.com
Cara merawat AC selanjutnya adalah dengan mengontrol kinerja pada AC setiap hari. Ciri-ciri AC yang hampir rusak bisa diketahui dari termometer yang terpasang di ruangan tempat AC berada. Biasanya AC yang rusak bakal menunjukkan suhu udara yang tak sesuai dengan suhu yang diatur di remote AC. Misalnya, kamu mengatur suhu AC sampai 25 derajat celcius. Tapi, suhu di dalam ruangan tidak dingin dan saat di cek suhu ruangan di termometer malah menunjuk angka 30 derajat celcius. Kalau kamu menemukan masalah ini, maka teliti dahulu permasalahanya. Bisa saja ketidaksesuaian suhu disebabkan oleh ruangan yang terlalu besar atau banyaknya orang di dalam ruangan. Jika ukuran ruangan sesuai dan tidak banyak orang. Maka, periksa kembali termometernya. Jika masih tidak sesuai, maka segera panggil jasa service AC agar dapat mencegah kerusakan AC yang jauh lebih serius.

5. Tutup Pintu, Ventilasi dan Jendela Ketika Sedang Menyalakan AC

Sumber: pinterest.com
Kalau kamu sering membuka jendela atau pintu saat lagi menyalakan AC, hati-hati kebiasaan tersebut bakal membuat kompresor AC menjadi bekerja lebih keras sehingga bisa mengalami kerusakkan. Untuk itu, selalu usahakan untuk menutup rapat celah-celah yang ada di dalam ruangan ber-AC. Hal ini bertujuan supaya AC Daikin tetap fokus menyejukkan ruangan dan waktu yang diperlukan mesin kompresor-nya buat mengkondisikan ruangan tidak memakan waktu lama. Sehingga bisa mencegah terjadinya kerusakan dini pada bagian kompresor AC.

6. Pakai AC Sesuai Kebutuhan

Sumber: pinterest.com
Waktu yang ideal dalam menggunakan AC adalah 5 jam. Jadi, disarankan untuk mematikan AC setelah beroperasi selama 5 jam agar bisa beristirahat. Tapi, bagaimana dengan orang yang harus memakai AC lebih dari 5 jam? Solusinya adalah dengan memasang fitur otomatis. Fitur yang digunakan memungkinkan AC untuk beristirahat sejenak dan akan menyala kembali dengan otomatis. Selain itu, hindari meninggalkan ruangan dalam kondisi kosong dan AC tetap menyala. Usahakan, untuk mematikan AC saat kamu tidak menggunakan ruangan yang ada AC-nya. Kalau ingin bepergian jauh disarankan mematikan AC atau cabut stop kontaknya agar terhindar dari korsleting listrik. 

Awetnya AC di dalam rumah tentunya tergantung dari seberapa rutinnya kamu merawat. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu dalam merawat AC agar awet dan tetap dingin, ya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar