Get me outta here!

Penting untuk Diketahui! Bagaimana Memilih Jenis Bahan Bakar untuk Kendaraan

Jenis Bahan Bakar untuk Kendaraan

Pemilik mobil di Indonesia memiliki beberapa pilihan jenis bahan bakar untuk kendaraannya. SPBU Pertamina menyediakan bahan bakar jenis Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo. Keberagaman jenis bahan bakar tersebut bisa dilihat sebagai keuntungan bagi konsumen karena bebas memilih. 

Namun, penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui nilai oktan Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, atau bahkan Premium. Berdasarkan informasi tersebut, pemilik mobil dapat menentukan bahan bakar terbaik untuk kendaraannya yang sesuai spesifikasi mesin.

Karena tidak sdikit dari pemilik mobil bertanya-tanya akan pilihan yang tepat. Apalagi, semuanya sama-sama dapat digunakan untuk mesin bensin. Nah, kali ini kalian tidak perlu bingung lagi, karena sebenarnya solusi akan hal tersebut cukup mudah. Dengan melihat rasio kompresi mesin dan nilai oktannya, pemilik mobil dapat menentukan jenis bahan bakar yang tepat untuk digunakan.

Untuk mesin dengan bahan bakar bensin, Pertamina memiliki jajaran produk cukup lengkap yang siap dipilih, meliputi Premium, Pertalite, Pertamax, hingga Pertamax Turbo. Masing-masingnya memiliki spesifikasi dan nilai oktan yang berbeda-beda. Berikut ialah penjelasan detailnya.

Oktan Premium 88

Premium menjadi jenis bahan bakar dengan nilai oktan paling rendah yang ada di lini produk bahan bakar bensin Pertamina. Di pasaran, Premium sejajar dengan produk dari Vivo, yakni Revvo 89. Untuk penggunaannya, bensin Premium cocok untuk mobil atau kendaraan dengan kompresi mesin rendah, yaitu di bawah 9:1. Kompresi mesin dengan angka seperti ini banyak ditemui pada mobil-mobil lawas.

Oktan Pertalite 90

Jenis bahan bakar Pertalite memiliki banyak peminat. Alasannya antara lain, harga Pertalite relatif terjangkau dan memiliki nilai oktan yang sesuai dengan kebanyakan mobil. Oktan Pertalite berada di angka 90 yang menjadikannya cocok untuk mobil-mobil bermesin bensin dengan rasio kompresi antara 9:1 hingga 10:1.

Oktan Pertamax 92

Di atas Pertalite, konsumen dapat memilih Pertamax yang memiliki nilai oktan 92. Nilai tersebut membuatnya cocok untuk digunakan pada mobil-mobil modern yang memiliki rasio kompresi mesin antara 10:1 sampai 11:1. Selain Pertamax, bahan bakar dengan nilai oktan sejenis lainnya ialah Shell Super atau Total Performance 92.

Oktan Pertamax Turbo 98

Pertamax Turbo lahir dari kerjasama antara Pertamina dan Lamborghini. Pada 2016, Pertamax Turbo diluncurkan sebagai bahan bakar resmi event Lamborghini Supertrofeo European Series. Diketahui, nilai oktan Pertamax Turbo mencapai 98, cocok untuk mobil dengan rasio kompresi mesin antara 11:1 hingga 13:1.

Oktan Pertamax Racing 100

Tak banyak yang tahu bahwa Pertamina juga menyediakan bahan bakar untuk kebutuhan balap yang dinamakan Pertamax Racing. Bahan bakar tersebut memiliki nilai oktan 100 yang hanya bisa dipakai mobil-mobil dengan mesin berkompresi di atas 13:1.

Dari sekian banyak pilihan jenis bensin yang ada, lantas mana bahan bakar terbaik untuk mobil Anda? Tak sulit untuk menentukannya karena jawabannya bisa dilihat dengan berpatokan pada rasio kompresi mesin mobilnya. Cara mudah dan akurat untuk mengetahui rasio kompresi itu sendiri ialah dengan melihat lembar spesifikasi kendaraan.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar