Get me outta here!

5 Tips Memilih Genset Terbaik Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Memilih Genset Terbaik

Genset bisa menjadi sumber daya listrik cadangan untuk rumah tangga ketika listrik dari PLN sedang padam. Hal ini memungkinkan Anda bisa tetap produktif di rumah meskipun listrik padam. Genset kini juga dihadirkan dalam bentuk mini. Harga genset mini sangat terjangkau sehingga rumah tangga dari kalangan menengah bisa juga memilikinya.

Tips memilih genset

Jika Anda ingin membeli genset untuk kebutuhan rumah tangga, sebaiknya baca dulu informasi seputar tips memilih genset berikut ini.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan listrik

Yang pertama, sesuaikan genset dengan kebutuhan listrik di rumah Anda. Kalau perlu, pilihlah genset dengan kapasitas yang lebih tinggi daripada kapasitas daya listrik yang biasa Anda gunakan. Namun Anda tidak disarankan untuk memilih genset dengan kapasitas yang lebih rendah daripada daya listrik rumah Anda. 

Untuk itu, ketahui pemakaian atau kebutuhan daya listrik di rumah Anda. Hal ini penting karena jika tidak sesuai dengan kebutuhan, sangat mungkin terjadi kerusakan atau korsleting listrik. Cara termudah mengetahui kapasitas daya listrik di rumah Anda adalah menyesuaikannya dengan besaran daya listrik dari PLN yang Anda gunakan.

2. Perhatikan jenis bahan bakar yang digunakan

Yang kedua, perhatikan jenis bahan bakar yang digunakan. Anda sangat disarankan untuk memilih genset dengan bahan bakar yang mudah didapatkan dan harganya murah. Percuma Anda memiliki genset mahal jika bahan bakarnya sulit didapatkan. Itu sama sekali tidak membantu. Lebih baik memilih genset dengan harga terjangkau seperti harga genset mini namun dengan bahan bakar yang mudah didapatkan.

Ada banyak jenis bahan bakar yang digunakan oleh genset, seperti bensin, solar, hingga gas LPG. Jika di dekat rumah ada SPBU, Anda bisa memilih genset bensin atau genset solar. Tapi jika Anda harus menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan bensin atau solar, Anda lebih baik memilih genset dengan bahan bakar selain dua jenis itu.

3. Perhatikan cara pengoperasiannya

Yang ketiga, perhatikan cara pengoperasiannya. Anda disarankan memilih genset yang pengoperasiannya mudah. Hindari membeli genset yang ribet pengoperasiannya. Semakin mudah dioperasikan, tentu akan semakin baik buat Anda. Kebutuhan listrik pun bisa cepat terpenuhi tanpa harus menunggu lama ketika listrik sedang padam.

4. Pilih genset silent atau yang tidak mengeluarkan suara

Yang keempat, pilihlah genset yang tidak mengeluarkan suara bising. Ketika mendengar tentang genset, mungkin salah satu hal yang terlintas di benak Anda adalah suara bisingnya. Kini sudah hadir genset dengan yang tidak mengeluarkan suara atau dikenal dengan genset silent. 

Tersedia juga genset silent dalam bentuk mini. Harganya juga sama terjangkaunya dengan genset mini pada umumnya. Dengan memilih genset ini, Anda tidak lagi merasa bising dengan suara genset yang sedang dioperasikan. Begitu juga dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Jadi, tidak ada yang merasa terganggu. 

5. Perbanyak referensi tipe dan merk genset

Yang kelima, Anda perlu memperbanyak referensi tipe dan merk genset yang bagus di pasaran. Ada banyak merek dan tipe genset yang bisa Anda beli. Sayangnya, tidak semua merk genset memiliki kualitas yang bagus. Untuk itu, Anda perlu memperbanyak referensi. Dengan ini, besar kemungkinannya Anda bisa mendapatkan genset dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Demikian 5 tips memilih genset untuk kebutuhan rumah tangga. Selain kelima tips yang sudah disebutkan di atas, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan anggaran yang Anda miliki. Tidak perlu memaksa membeli genset dengan harga mahal untuk mendapatkan kualitas terbaik karena banyak pula harga genset mini yang terjangkau dengan kualitas yang sama baiknya.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar