Get me outta here!

Harum nan Nyaman, Ini Cara Mengatasi Bau Apek pada Pakaian!

Harum nan Nyaman, Ini Cara Mengatasi Bau Apek pada Pakaian!
Sumber: pinterest.com

Saat mengambil pakaian di jemuran yang sudah kering, terkadang ada beberapa pakaian yang mengeluarkan bau apek. Bau tak sedap ini seringkali muncul pada pakaian yang tidak kering dengan sempurna. Namun, tidak hanya karena pakaian yang belum kering, pakaian yang bau apek juga bisa disebabkan oleh cara pencucian yang salah dan penyimpanan pakaian yang gak tepat. Ini tentunya sangat mengganggu karena bikin gak nyaman saat menggunakannya. Kalau pakaian yang dipakai tercium bau harum dan wangi, kamu dan orang yang berada di dekat pastinya juga akan merasa nyaman. 

Nah, untuk mengatasi masalah bau apek pada pakaian, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pakaian yang harum dan anti bau apek.

1. Membersihkan Mesin Cuci dengan Rutin

Sumber: pinterest.com
 
Kini banyak orang yang memiliki mesin cuci dalam rumah untuk membantu proses pencucian jadi lebih cepat dan praktis. Harga mesin cuci 1 tabung di pasaran pun sudah bervariasi sehingga bisa mendapatkan mesin cuci dengan harga sesuai budget. Namun, seringkali para pengguna mesin cuci melupakan kegiatan membersihkan alat mencuci ini. Padahal, mesin cuci perlu diberikan perawatan yang tepat dengan membersihkannya secara berkala. Mesin cuci yang tidak pernah dibersihkan akan kotor dan bisa mengkontaminasi cucian hingga bikin pakaian yang dicuci berbau. Untuk itu, jangan lupa buat membersihkan kotoran yang menumpuk pada dinding mesin agar terhindar dari bau dan jamur. 

2. Rendam Pakaian dalam Air Panas Beberapa Menit

 
Sumber: pinterest.com

Untuk mengatasi bau tak sedap pada pakaian, cobalah rendam cucian kamu dalam air panas setidaknya sampai 15 menit. Tujuannya agar bisa membunuh kuman, bakteri serta jamur yang menempel di pakaian. Tapi, gak semua pakaian bisa direndam menggunakan air panas. Karena ada beberapa bahan pakaian yang tidak boleh dicuci dengan air panas. Maka dari itu, sebelum melakukan cara ini, periksa cara perawatan pakaian yang ada. Biasanya ada label yang memberikan ulasan tentang metode pencucian yang benar, apakah bisa menggunakan cool wash, dry cleaning, atau hot wash.  

3. Berikan Pewangi Pakaian

Sumber: pinterest.com
 
Tidak hanya cukup menggunakan deterjen, cucian juga perlu diberikan pewangi pakaian saat sedang mencuci. Nantinya pakaian yang sudah kering akan menimbulkan wangi harum dari pewangi yang digunakan. Supaya makin wangi, gunakan pewangi pakaian ketika proses menyetrika. Dengan begini, pakaian pun akan harum dan bikin nyaman saat menggunakannya. 


4. Hindari Menunda Pengeringan

Sumber: pinterest.com
 
Hindari meninggalkan pakaian yang sudah dicuci di mesin cuci Sharp 2 tabung milikmu, apalagi sampai semalaman. Pasalnya, pakaian yang tidak langsung dikeringkan bisa mengundang jamur dan bakteri berkembang biak. Kehadiran jamur ini menjadi salah satu penyebab bau tidak sedap pada pakaian. Oleh karena itu, hindari menunda-nunda pengeringan pakaian, ya!

5. Jemur Pakaian Dibawah Sinar Matahari Langsung

Sumber: pinterest.com
 
Kalau pakaian sudah dikeringkan, segera jemur di bawah sinar matahari langsung. Perlu diketahui, jika sinar matahari dapat membantu pakaian biar terhindar dari bakteri dan jamur. Jangan biarkan menjemur pakaian di ruangan yang minim cahaya, udara, dan lembab. Hal ini dapat membuat pakaian jadi tidak kering dengan sempurna. Alhasil, bau apek muncul saat pakaian kering. Oleh karena itu, disarankan untuk  jemur pakain di bawah sinar matahari langsung agar masalah bau apek pada pakaian bisa terhindari dengan mudah. 

Jangan lupa terapkan cara-cara tadi ya supaya pakaian yang harum bisa kamu dapatkan dan bikin nyaman saat dikenakan. 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar