Get me outta here!

Masih Pemula? Simak Tips Beli Gitar yang sesuai Kebutuhan Berikut

Masih Pemula? Simak Tips Beli Gitar yang sesuai Kebutuhan Berikut

Salah satu kunci agar bisa memainkan gitar dengan baik adalah rutin menggunakannya setiap hari. Oleh karena itu, memiliki gitar sendiri sangat disarankan agar proses belajar bisa lebih intens. Jadi, tidak perlu terus ke studio musik untuk sewa gitar dan memainkannya. Anda cukup mencari toko yang jual gitar untuk pemula.Nah, gitar untuk pemula itu yang seperti apa? Apakah harus bermerek? Tentu saja tidak, oleh karena itu simak beberapa tips memilih gitar untuk pemula di bawah ini.

1. Pilih ukuran yang sesuai

Pilih ukuran gitar yang sesuai dengan pemakainya. Kalau Anda belajar gitar di usia dewasa, gitar ukuran penuh mungkin tidak akan jadi masalah. Berat dari alat musik petik ini juga mudah diatasi sehingga gitar bisa dimainkan dengan sempurna.

Kalau gitar akan dipakai untuk pemula yang berusia 5-6 tahun atau masih 12-13 tahun, ukuran gitar tentu tidak bisa yang penuh. Biasanya ada gitar ukuran lebih kecil untuk pengguna anak-anak atau remaja. Jadi, belilah gitar yang sesuai dengan pemakainya, ya. 

2. Pilih string yang tepat

String yang dipilih untuk gitar ada tiga jenis yakni klasik, akustik, dan elektrik. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk pemula, biasanya string yang sering direkomendasikan adalah jenis klasik. Meski demikian, pilihlah string yang memang sesuai dengan kebutuhan.

Tidak semua orang belajar gitar dengan menggunakan jenis akustik atau klasik saja. Ada juga yang langsung pakai gitar elektrik. Untuk itu, pahami selera musik yang Anda miliki saat ini. Selanjutnya, beli gitar dan string yang memang tepat. Dengan begitu, Anda bisa belajar main gitar dengan lebih semangat.

3. Coba dahulu

Zaman sekarang, apa saja bisa dibeli secara online, termasuk dengan gitar. Meski demikian, ada baiknya untuk melakukan tes terlebih dahulu pada alat musik yang akan dibeli. Dengan melakukan ini, Anda bisa benar-benar tahu apakah gitar enak dimainkan atau tidak sama sekali.

Perhatikan string yang terpasang, alat untuk menyetel di bagian kepala gitar, dan aksesoris lainnya. Kalau memang sudah sesuai keinginan, Anda bisa membelinya. Kalau belum, bisa mencari jenis lain agar gitar pertama yang untuk belajar benar-benar cocok.

4. Sesuaikan dengan bujet

Sesuaikan gitar yang akan dibeli dengan bujet yang dimiliki. Anda bisa mengecek berbagai jenis gitar mulai dari gitar listrik sampai akustik di situs MG. Ada banyak pilihan gitar yang bisa dibeli beserta dengan aksesorisnya seperti alat petik.

5. Hanya berpaku pada merek

Berpaku pada merek sebenarnya tidak jadi masalah selama produsen memang menghadirkan produk yang berkelas. Baik itu entri  menengah ke bawah sampai kelas atas sama-sama menawarkan kualitas tersendiri dan tetap nyaman untuk digunakan. Namun, pastikan orientasi Anda saat beli adalah fungsinya dan merek bisa jadi nomor dua.

Pastikan gitar yang jadi “first time” Anda memang cocok untuk belajar. Selanjutnya, ketika kemampuan Anda sudah meningkat, Anda bisa mencari lagi yang sesuai kemampuan. Semoga bermanfaat.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar