Get me outta here!

6 Jenis Vaksin Covid-19 Resmi di Indonesia

6 Jenis Vaksin Covid-19 Resmi di Indonesia

Seiring dengan semakin banyaknya lembaga dan perusahaan yang mengklaim telah menemukan vaksin Corona, masyarakat pun dibingungkan dengan banyaknya pilihan yang tersedia. Belum lagi kekhawatiran kurang efektifnya vaksin membuat banyak orang meragukan merk vaksin Covid-19 tertentu.

Dari banyaknya vaksin yang ditemukan, Indonesia secara resmi menentukan bahwa ada 6 jenis vaksin untuk vaksinasi Corona yang diterima di Indonesia. 

Vaksin Covid-19 di Indonesia

Pemerintah telah merilis ketetapan terbaru berkaitan dengan vaksinasi Covid-19, yaitu daftar nama vaksin yang diperbolehkan digunakan di tanah air. Adapun jenis vaksin yang diperbolehkan adalah:

1. Vaksin PT Bio Farma

Jenis vaksin yang dikembangkan perusahaan farmasi asal Indonesia yang bekerjasama dengan perusahaan bioteknologi asal Tiongkok, Sinovac, merupakan jenis vaksin yang dikembangkan bersama dan akan dilakukan pengujian klinis fase III di Bandung. Rencananya akan diselesaikan pada Januari 2021.

Hasil pengujian akan dilaporkan kepada BPOM untuk tahap evaluasi. Kemudian setelah dinilai memang layak digunakan barulah diperbolehkan untuk diberikan kepada masyarakat untuk digunakan secara massal.

2. Vaksin AstraZeneca

Vaksin yang dikembangkan oleh Universitas Oxford ini menghasilkan respon yang sangat baik terhadap virus Covid-19, terutama apabila digunakan pada orang dewasa dan lebih tua.

Vaksin ini telah menunjukkan hasil positif dari uji fase III. Vaksin yang disebut AZD1222 ini menunjukkan kemanjuran lebih dari 90%. Berbeda dengan jenis vaksin lain. AstraZeneca merupakan vaksin yang berasal dari vektor virus, yaitu versi lama virus flu. 

3. Vaksin Sinovac Biotech

Vaksin Corona yang tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia adalah besutan Sinovac Biotech. Uji klinis Fase III untuk vaksin ini sudah dilakukan pada Juli 2020 di Brasil dan memperlihatkan hasil memuaskan. 
Tidak ada ditemukannya efek samping pada pasien setelah divaksinasi membuat tingkat kepercayaan akan vaksin ini semakin tinggi. Bahkan Pemerintah akan memasok vaksin ini untuk vaksinasi di tanah air. Diperkirakan harga untuk vaksin ini berkisar di antara 400 hingga 500 ribu rupiah.

4. Vaksin Moderna

mRNA-1273 merupakan nama yang diberikan untuk vaksin yang dikembangkan oleh Moderna, sebuah perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat. Vaksin moderna diklaim memiliki hasil yang sangat baik dalam menghadapi virus Corona, bahkan efektivitasnya mencapai 94,5%. 

Vaksin akan diberikan dua kali dengan selang waktu 4 minggu dan memiliki harga jual mulai dari US$25 hingga US$ 37. Vaksin Moderna ini sudah dapat dibeli dan digunakan apabila Anda menginginkannya.

5. Vaksin China National Pharmaceutical Group Corp.

Satu lagi vaksin asal negeri Tiongkok, Sinopharm (China National Pharmaceutical Group) yang akan digunakan di Indonesia. Vaksin Sinopharm ini setidakmya sudah digunakan lebih dari 1 juta orang di Tiongkok dan memperlihatkan hasil yang signifikan.

Menurut data uji klinis dibutuhkan 2 dosis untuk memberikan hasil efektif. Tiongkok sudah membuktikan vaksin ini memiliki keampuhan untuk meningkatkan imun tubuh terhadap virus Corona.

6. Vaksin Pfizer Inc and BioNTech

Kerjasama antara perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech dan perusahaan farmasi Pfizer telah memberikan hasil yang signifikan. Vaksin Covid-19 yang dihasilkan terbukti efektif dan tidak memiliki efek samping serius kepada pemakainya. 

Di Indonesia vaksin satu ini juga boleh digunakan karena sudah sesuai standar WHO dan bisa didapatkan dengan harga mulai dari US$ 19,5 atau di kisaran harga Rp276.217,-.

Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi Covid-19 adalah dengan menggunakan vaksin Corona dan sudah ada 6 jenis vaksin yang diperbolehkan di Indonesia. Apabila Anda ingin tahu lebih banyak informasi mengenai virus Covid-10 dan informasi dunia kesehatan lainnya, bisa mengunjungi laman Halodoc. Berbagai Informasi menarik dunia kesehatan, seperti tips dan trik sehat, obat-obatan, dan informasi terkini dunia medis bisa Anda dapatkan di sini.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar