Get me outta here!

Yuk Kenali Penyebab Gusi Bengkak Sebelum Berikan Obat Gusi Bengkak Anak!

Yuk Kenali Penyebab Gusi Bengkak Sebelum Berikan Obat Gusi Bengkak Anak!

Gusi bengkak termasuk salah satu gangguan gusi yang dapat diderita oleh anak-anak. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas, mulai dari makan hingga tidur karena rasanya yang nyeri. Sebelum memberikan obat gusi bengkak anak, sebaiknya anda pahami terlebih dahulu apa saja penyebab dari gusi bengkak itu sendiri. Temukan jawabannya di sini!

Penyebab Gusi Bengkak yang Harus Anda Ketahui

1. Sisa Makanan

Penyebab ini merupakan yang paling sering terjadi, pasalnya pembersihan sisa makanan seringkali tidak dilakukan dengan optimal. Alhasil masih banyak sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi. Tidak hanya dapat menyebabkan sakit gigi, sisa makanan ini juga bisa membuat gusi bengkak karena tumpukan kuman dan bakteri yang tidak dibersihkan.

Langkah pencegahan yang dapat anda lakukan adalah membersihkan gigi dengan maksimal agar seluruh sisa makanan yang menempel di gigi atau gusi bisa hilang. Akan jauh lebih baik jika anda rutin memeriksakan gigi ke dokter untuk mengecek apakah kondisi gigi dan gusi baik-baik saja atau ada masalah. Dengan diagnosa lebih dini, potensi gangguan mulut akan lebih mudah diatasi.

2. Obat-Obatan

Penyebab lain yang perlu anda perhatikan sebelum memberikan obat gusi bengkak anak adalah obat-obatan. Beberapa obat memiliki efek samping yang menyebabkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi. Hal inilah yang dapat memicu pembengkakan gusi. Salah satu jenis obat yang memiliki efek demikian adalah obat penurun tekanan darah.

Jika anda sudah menjaga kesehatan mulut anak dengan baik namun gusinya tampak membengkak, mungkin ada jenis obat yang menjadi penyebabnya. Terlebih jika anak anda sedang rutin mengonsumsi obat tertentu. Untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, anda bisa mengunjungi dokter spesialis gigi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Iritasi

Iritasi dapat menjadi penyebab gusi bengkak pada anak atau orang dewasa. Umumnya, iritasi terjadi karena terdapat reaksi alergi terhadap suatu makanan, minuman, pasta gigi, atau produk lainnya, termasuk obat. Untuk itu, anda harus perhatikan dengan baik obat gusi bengkak anak yang anda gunakan.

Jika anak tidak cocok dengan bahan tertentu, maka gusinya akan memerah dan lama-kelamaan bisa membengkak. Itulah pentingnya mengecek kandungan suatu makanan, minuman, obat, atau produk lain yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada anak dan menyebabkan iritasi.

4. Karang Gigi dan Tumpukan Plak

Kondisi mulut yang tidak bersih memiliki potensi besar sebagai penyebab berbagai masalah mulut, mulai dari sariawan sampai peradangan gusi. Pembengkakan gusi paling sering disebabkan oleh tumpukan plak. Plak adalah lapisan lunak yang dibentuk oleh bakteri dan melekat erat pada gigi. Plak baru akan terlihat jika anda kurang menjaga kebersihan gigi.

Anda tentu sering menjumpai zat berwarna kuning pada gigi, itulah plak yang terlihat. Plak yang terkalsifikasi dan mengeras akan membentuk karang gigi dan dapat mengakibatkan peradangan gusi. Sebelum memberikan obat gusi bengkak anak, cek terlebih dahulu bagaimana kondisi mulutnya, terdapat banyak plak dan karang gigi atau tidak.

5. Kekurangan Vitamin C

Selain penyebab dari luar, kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak. Pasalnya, vitamin ini berfungsi untuk membantu memperkuat jaringan ikat seperti gusi. Jika tubuh anak kekurangan vitamin C, maka tidak menutup kemungkinan terjadi pembengkakan gusi.

Setelah mengetahui berbagai penyebab gusi bengkak di atas, anda dapat memastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi kesehatan mulut si anak. Jika banyak plak dan karang gigi, maka langkah terbaik adalah rutin membersihkan gigi untuk mencegah terjadinya gusi membengkak.

1 komentar: