Get me outta here!

Mengenal Lebih dalam Makanan yang Baik untuk Tulang Keropos


Makanan sehat penguat tulang tidak hanya ditujukan untuk penderita gangguan kesehatan yang menyerang kerangka manusia, tetapi juga bisa dikonsumsi untuk mencegah pengeroposan tulang. Makanan bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menyembuhkan tulang keropos, tetapi setidaknya membantu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tulang. Yuk simak jenis Makanan yang Baik untuk Tulang Keropos.

Makanan Untuk Mengatasi Tulang keropos

1. Produk Susu

Produk susu dilengkapi dengan kandungan kalsium dan vitamin D. Baik kalsium dan vitamin D adalah nutrisi yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dapat menjaga tulang tetap kuat, dan Vitamin D membantu menjaga kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Itulah mengapa produk susu termasuk dalam makanan dan minuman penguat tulang. 

Nutrisi yang ada dalam makanan ini merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan tulang dan merawat area keropos. Alasan utamanya adalah vitamin D membantu menyerap kalsium di usus yang dikeluarkan oleh ginjal. Oleh karena itu, dalam keadaan apapun Anda tidak boleh melewatkan produk susu dalam menu harian.

Nutrisi dalam produk susu memiliki efek yang sangat signifikan pada tulang. Anda dapat mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman seperti yogurt, keju, susu, dan produk susu lainnya untuk mengobati pengeroposan tulang. Pastikan paling tidak satu kali dalam sehari anda memenuhi kebutuhan vitamin D dan Kalsium.

2. Makanan Kaya Protein

Protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan jaringan termasuk jaringan otot. Tulang didukung dengan baik oleh jaringan otot yang kuat. Karena itu, jangan lewatkan sumber protein sehat dalam membantu memperkuat tulang Anda. Jenis makanan yang bisa dikonsumsi adalah daging tanpa lemak, Ikan, Telur, dan olahan kedelai seperti tahu. 

3. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Sayuran berdaun hijau tua adalah sumber nutrisi terbaik, kaya vitamin dan mineral. Vitamin A, C, K, asam folat, zat besi dan kalsium biasanya ditemukan dalam jumlah yang cukup besar pada jenis sayuran ini. Sudah menjadi fakta umum bahwa berbagai vitamin dan mineral dapat dimasukkan dalam makanan untuk memperkuat tulang, terutama kalsium. 

Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Vitamin K juga perlu dikonsumsi sebagai upaya mengurangi risiko dan keparahan osteoporosis. Jadi berhentilah malas makan sayuran hijau. Berikut adalah beberapa sayuran berdaun hijau tua yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tulang diantaranya brokoli, bayam, kubis, dan sawi hijau.

4. Makanan Mengandung Vitamin C

Kandungan vitamin C dapat membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Memadukan nutrisi yang dikonsumsi dengan sumber kalsium ini dapat memaksimalkan kekuatan tulang yang terkena osteoporosis. Oleh karena itu, makanan kaya vitamin C cocok untuk membantu memperbaiki dan memperkuat tulang.

Selain itu, vitamin C juga dapat mengatasi pengeroposan tulang, memulihkan kesehatan tulang. Selain itu, dokter juga merekomendasikan kandungan ini untuk memperkuat kesehatan tulang. Tetap konsultasikan kesehatan tulang anda secara rutin kepada dokter. Jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi  diantaranya pepaya, kiwi, brokoli, stroberi, dan jeruk.

5. Mengandung Magnesium

Magnesium juga mengandung mineral yang penting untuk meningkatkan kekuatan tulang. Kemampuan tubuh untuk menyerap magnesium akan menurun seiring bertambahnya usia. Jadi Anda perlu mendapatkan cukup magnesium setiap hari. Sumber makanan yang baik untuk tulang keropos dan mengandung magnesium adalah dark chocolate, alpukat, tahu, dan pisang.

Jenis makanan tersebut bisa anda gunakan untuk mengurangi resiko terjadinya keropos pada tulang. Anda dapat mengkonsumsi rekomendasi diatas secara rutin. Meskipun telah mengetahui hal tersebut, anda tetap perlu melakukan konsultasi dengan dokter kepercayaan anda. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan dan menentukan penanganan yang sesuai.

0 komentar:

Posting Komentar