Get me outta here!

Mengulik Deretan Tips Memilih Rekening Tabungan Yang Tepat


Salah satu produk keuangan yang cukup populer pada saat ini adalah rekening tabungan. Tak hanya berguna sebagai tempat untuk menabung maupun menerima gaji, rekening tabungan juga bisa digunakan sebagai investasi. Maka dari itu, sebelum menentukan untuk membuka rekening, anda perlu memperhatikan tips memilih rekening tabungan. Ingin tahu apa saja? Yuk simak informasinya disini!

Jenis Jenis Rekening Tabungan 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan rekening tabungan, akan lebih baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis jenisnya. Dengan mengetahui jenis tabungannya terlebih dahulu dapat memudahkan anda untuk menentukannya. Selain itu, sejumlah manfaat dan keuntungan juga dapat anda peroleh dari jenis tabungan yang anda pilih. 

Jenis tabungan yang pertama adalah tabungan konvensional. Tabungan yang satu ini merupakan jenis rekening yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Biasanya, pihak bank akan memfasilitasi nasabah sebuah kartu ATM. Dengan adanya kartu tersebut, menjadikan pengguna tabungan dapat mengambil uangnya kapanpun dan dimanapun. 

Tabungan berjangka dan deposito merupakan jenis rekening tabungan selanjutnya yang bisa anda pilih. Umumnya, tabungan jenis ini diperuntukkan bagi anda yang memiliki tujuan untuk pembiayaan tertentu di masa mendatang. Selain itu, terdapat pula tabungan bisnis yang dimana memiliki suku bunga yang lebih besar dari jenis tabungan lainnya. 

Beberapa Tips Untuk Memilih Rekening Yang Tepat

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan 

 Tips memilih rekening tabungan yang pertama adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Sebelum menentukan untuk membuka tabungan, akan lebih baiknya jika anda memahami kebutuhan yang dibutuhkan. Dengan begitu anda akan lebih mudah untuk menemukan dan menentukan jenis tabungan yang paling sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. 

Hal yang satu ini perlu untuk diperhatikan karena tidak semua orang yang membuka rekening hanya untuk tujuan menabung. Maka dari itu, memiliki tujuan saat membuka rekening sangatlah penting. Sehingga, anda dapat dengan mudah untuk menentukan jenis tabungan seperti konvensional, berjangka, tabungan anak, maupun jenis tabungan yang lain. 

2. Perhatikan Fasilitas Yang Diberikan 

Setiap penyedia layanan perbankan pasti akan memberikan fasilitas yang berbeda beda. Oleh karenanya, penting bagi anda untuk mengetahui deretan fasilitas yang diberikan. Dengan begitu, berbagai fasilitas yang diberikan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan anda. Misalnya saja, penyedia produk keuangan tersebut memiliki jaringan ATM yang banyak. 

Memperhatikan tips memilih rekening tabungan yang satu ini akan memudahkan anda saat ingin melakukan setor maupun tarik tunai. Tak hanya itu saja, anda juga harus memperhatikan fasilitas bank yang lainnya seperti mobile banking dan internet banking. Pada era digital seperti saat ini, kedua layanan tersebut menjadi suatu hal yang penting bagi nasabah untuk memudahkan aktivitas pembayaran. 

3. Cari Tahu Biaya Administrasi Bulanannya

Selain memahami kebutuhan dan memperhatikan fasilitasnya, anda juga harus mencari tahu berapa besar biaya administrasi yang dikeluarkan oleh penyedia layanan keuangan tersebut setiap bulannya. Biasanya, pihak bank akan mengenakan biaya administrasi jasa dengan cara memotong uang tabungan yang terdapat di dalam rekening nasabahnya. 

Biaya administrasi yang dikeluarkan oleh setiap bank tentunya akan berbeda beda. Pada umumnya, perbedaan tarif biaya administrasi tersebut akan disesuaikan dengan jenis tabungan yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan. Maka dari itu, penting bagi anda untuk memperhatikan tips memilih rekening tabungan yang satu ini. 

Itulah sekilas informasi mengenai cara untuk menentukan rekening tabungan yang tepat. Dengan informasi tersebut, semoga dapat memberikan anda sebuah pengetahuan yang dapat membantu anda saat ingin membuka rekening tabungan. Sehingga, anda bisa mendapatkan jenis rekening yang sesuai dengan kebutuhan. 

0 komentar:

Posting Komentar