RajaBackLink.com

Apa itu Scanner Barcode? Mengenal Pengertian dan Jenisnya


Ketika mengantri untuk membayar belanjaan di supermarket, kita seringkali mendengar bunyi ‘tit’ yang dihasilkan dari barcode scanner Zebra. Bunyi tersebut menandakan produk yang kita beli telah berhasil dipindai di mesin dan tercatat dengan jelas baik jenis maupun harganya. Sebelum bahas lebih jauh seputar Zebra Scanner, yuk ketahui dahulu apa itu scanner barcode?

Definisi Scanner Barcode

Bila didefinisikan secara sederhana, scanner barcode adalah suatu alat yang digunakan secara khusus oleh perusahaan atau perseorangan untuk membaca informasi yang tersimpan pada kode barcode. Tidak harus pada barang yang kita beli di supermarket saja, kode barcode juga bisa ditemukan pada industri perbankan hingga rumah sakit.

Seperti kode barcode yang berada di gelang pasien rumah sakit. Kode barcode tersebut mencatat informasi pribadi mengenai pasien termasuk nama maupun jenis penyakitnya. Pemanfaatan barcode di rumah sakit mungkin masih jarang di Indonesia namun teknologi ini sudah banyak diadopsi oleh Korea Selatan, Jepang dan negara maju lainnya. 

Jenis-jenis Scanner Barcode

Sebagai konsumen, kita hanya mengetahui satu jenis scanner barcode yang digunakan yaitu laser. Cara operasinya pun sangat mudah, scanner cukup didekatkan pada produk untuk memindah kode barcode-nya. Informasi lengkap mengenai laser barcode scanner dan jenis lainnya, yuk simak berikut ini:

1. Laser Barcode Scanner

Scanner barcode ini tampilannya mungkin sangat familiar terutama bagi beberapa orang. Cara menggunakan scanner ini pun sangat mudah, bahkan Anda bisa melakukannya hanya dengan satu tangan.

Teknologi laser barcode scanner memungkinkan alat ini memindah kode barcode menggunakan sinar laser yang ditembakkannya. Apakah laser barcode scanner berkualitas baik? Produk ini mampu membaca kode barcode dengan cepat apalagi jika Anda memilih brand yang tepat. 

2. Camera Based Barcode Readers

Bila teknologi sebelumnya menggunakan laser maka scanner ini memanfaatkan fitur kamera. Bisa dibilang jika teknologi ini yang paling sering digunakan oleh para konsumen untuk scan kode barcode secara mandiri. 

Camera based barcode scanner mengolah gambar digital yang diambil oleh kamera untuk menemukan informasi terkait kode barcode yang terpotret. Detail informasi yang tertera tidak kalah lengkap dari jenis scanner sebelumnya. 

3. Barcode Wands/Pen Type Readers

Disebut sebagai pen type readers karena scanner barcode ini menggunakan ujung pena untuk memindai kode barcode. Dari segi kenyamanan penggunaan, jenis scanner ini yang paling nyaman. Mengapa demikian? Karena pen type readers hadir dengan tampilan pena yang jauh lebih ringan daripada laser barcode scanner. 

4. CCD Barcode Scanner

Beberapa orang mungkin bingung membedakan antara pen type readers, laser barcode scanner dan CCD barcode scanner. Masing-masing scanner menggunakan cahaya laser untuk membaca kode barcode. Namun, perbedaan paling mencolok dari scanner barcode ini dan yang lainnya adalah teknik pemindaiannya.

Nah, itu tadi beberapa jenis barcode scanner beserta dengan spesifikasinya. Lalu manakah yang terbaik? Tentu saja hal ini bisa disesuaikan lagi dengan dengan kebutuhanmu.

Posting Komentar

0 Komentar