RajaBackLink.com

Berpotensi Merusak Gigi, Seperti Apa Seharusnya Mengonsumsi Buah Asam?


Buah-buahan manis sering kali dituduh sebagai penyebab gigi berlubang atau rusak. Meski hal tersebut tak sepenuhnya salah, sebenarnya masih ada faktor-faktor lain yang dapat memicu masalah pada gigi dan rongga mulut. Termasuk di antaranya buah dengan rasa atau kandungan asam yang kerap direkomendasikan dokter atau klinik gigi Jakarta.

Mengapa buah asam bisa membahayakan gigi?

Beberapa buah yang mengandung asam seperti apel dan stroberi diklaim bagus untuk menyehatkan gigi. Apel kaya akan kandungan air yang bagus untuk kesehatan gigi. Selain itu, teksturnya yang kasar juga dapat ‘menggosok’ permukaan gigi, sehingga kotoran mudah terlepas. Sementara pada stroberi, terdapat vitamin C yang bermanfaat untuk pembuluh darah dan meningkatkan produksi kolagen untuk melawan penyakit periodontal.

Namun, Anda perlu memperhatikan juga pH asam dalam buah-buahan tersebut. Jika dikonsumsi berlebihan, asam berpotensi mengikis mineral alami pembentuk enamel (lapisan keras dan terluar pada gigi). Paparan asam dalam jangka waktu lama akan membuka dentin (lapisan tengah gigi) hingga menghilangkan email gigi. Akibatnya, gigi akan memendek, tak rata, sensitif, sampai patah.

Berdasarkan sebuah penelitian, tingkat pH yang berisiko merusak gigi sama dengan atau berada di bawah 5,5. Selain apel dan stroberi, lemon, jeruk, anggur, dan nanas menjadi buah-buahan dengan kandungan asam yang sebaiknya Anda kurangi konsumsinya kalau tak mau gigi rusak.

Perhatikan juga cara Anda mengonsumsinya. Memakan buah asam dengan cara dikunyah atau dihisap langsung kurang direkomendasikan. Sebaiknya olah dulu dengan dijadikan jus atau smoothies dan campur dengan buah lain yang kandungan asamnya lebih rendah.

Buah-buahan apa saja yang aman untuk kesehatan gigi?

Penjelasan di atas tak serta-merta menuntut Anda untuk menghentikan konsumsi buah asam. Anda masih bisa menyantapnya asalkan tak berlebihan atau terus-menerus. Jika Anda ingin mengganti atau memadukannya dengan buah lain, berikut daftar buah dengan kandungan asam lebih rendah yang bisa dikonsumsi:
  • Pir. Meski sekilas terasa kesat, pir mampu menetralkan kandungan asam, sehingga mulut Anda terasa segar sekaligus mencegah bakteri buruk berkembang biak;
  • Pisang. Dengan kandungan mineral dan vitamin yang melimpah, pisang jadi buah lainnya yang bagus untuk kesehatan gigi. Apalagi tekstur lembutnya yang tak akan membebani gigi;
  • Kiwi. Kiwi merupakan sumber vitamin C dan kolagen yang mampu membasmi bakteri serta mengoptimalkan kesehatan gusi;
  • Semangka. Selain kaya akan kandungan air, semangka juga mempunyai antioksidan yang dapat mencegah penyakit gsui dan menghambat pembentukan karang gigi.
Sebelum mengonsumsi buah-buahan di atas, Anda bisa konsultasikan kondisi kesehatan gigi bersama dokter. Dengan begitu, manfaat buah yang dikonsumsi dapat diserap gigi dan rongga mulut secara maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar