RajaBackLink.com

Ini Tips Pembersih Sepatu Putih dengan Bahan Sederhana

shopee.co.id

Memiliki sepatu berwarna putih memang membutuhkan perawatan khusus, termasuk dalam hal memilih pembersih sepatu putih pun harus mampu mengembalikan kecemerlangan warna sepatu hingga tak meninggalkan noda lain.

Meski membutuhkan perawatan ekstra, namun kenyataannya saat ini pengguna sepatu berwarna putih memang tengah trend di kalangan remaja. Berbagai macam model mulai dari flat shoes hingga sneaker berwarna putih amat digandrungi oleh kawula muda.

Namun beberapa bahan kain putih yang digunakan sebagai bahan sepatu memiliki karakter yang rentan berubah warna seperti menjadi kusam atau bahkan mudah bernoda karena kecenderungan sepatu berwarna putih yang mudah kotor.

Tips Memilih Pembersih Sepatu Putih

Pemilik sepatu putih memang harus hati-hati ketika menggunakan sepatu berwarna netral jenis ini, terlebih ketika melewati jalan berlumpur atau jalan yang becek, jika tidak waspada bukan tidak mungkin akan membuat sepatu menjadi kotor dan tentu akan mempengaruhi penampilan karena sepatu terkena noda.

Namun jangan khawatir, saat ini ada begitu banyak bahan pencuci khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan sepatu putih, termasuk memanfaatkan bahan-bahan yang sebenarnya amat sederhana dan mudah ditemukan di rumah. Berikut beberapa tips dan rekomendasi pembersih sepatu putih alami yang hasilnya juga tak kalah bersih dibanding produk khusus pencuci sepatu.

Pasta Gigi

Selain efektif untuk membersihkan dan memutihkan gigi, pasta gigi atau yang akrab disebut odol ternyata juga ampuh untuk membersihkan berbagai macam noda di sepatu putih.

Cara menggunakannya pun relatif mudah, cukup dengan mengoleskan pasta gigi di permukaan sepatu putih atau pada bagian yang terkena noda, setelah dioleskan secara merat kemudian biarkan selama kurang lebih 4 jam, selanjutnya cuci sepatu dengan air hangat dan gosok dengan sikat gigi.

Cuka

Perlengkapan dapur ini juga dikenal cukup efektif sebagai pembersih sepatu putih. Cara pengaplikasiannya juga gampang, namun sebelumnya bersihkan terlebih dahulu permukaan sepatu. 

Setelah sepatu dicuci, kemudian basahi kain bersih dengan cuka dan gosok ke permukaan sepatu hingga bersih. Tapi ingat, gosok secara perlahan sampai noda benar-benar bersih, lakukan berulang kali sampai warna sepatu kembali seperti semula.

Penghapus Noda Sepatu

Penghapus ini memiliki cara kerja yang sama dengan penghapus pensil. Kamu cukup menggosokkan penghapus noda ini ke bagian sepatu yang terkena noda. Penggunaan penghapus noda ini hanya bisa dipakai untuk sepatu dalam kondisi kering, karena kalau dalam kondisi basah akan membuat noda justru melebar ke permukan sepatu yang lain.

Shampo

Noda minyak, oli atau kuah makanan yang menempel di kulit sepatu berwarna putih bisa dihilangkan dengan shampo. Cara menggunakannya pun relatif mudah, cukup gosok noda dengan shampo hingga bersih kemudian bilas dengan air hangat, pastikan noda seperti minyak atau olinya benar-benar hilang, ya.

Kombinasi Soda Kue, Deterjen Cair dan Mesin Cuci

Cara lain yang bisa dijadikan sebagai sarana pembersih sepatu putih adalah dengan menggunakan deterjen cair dan mesin cuci. Cara ini dilakukan untuk noda yang membandel dan susah dihilangkan seperti oli.

Caranya, terlebih dahulu taburkan soda ke permukaan sepatu kemudian diamkan dalam semalam. Keesokan harinya sebelum dicuci di mesin cuci, sikat sepatu dengan sikat gigi bekas setelah dirasa bersih kemudian masukkan ke dalam mesin cuci dan tambahkan pula deterjen cair.

Upayakan saat mencuci sepatu dengan mesin cuci, tambahkan pula pakaian lain di dalam mesin cuci tujuannya untuk menyeimbangkan putaran mesin cuci sehingga tidak merusak sepatu.

Beberapa cara diatas diakui sangat efektif untuk dijadikan sebagai pembersih sepatu putih, namun tetap pula perhatikan tekstur serta warna sepatu khususnya ketika menggosok sepatu dengan sikat yang cenderung menimbulkan bekas goresan pada permukaan sepatu.

Posting Komentar

0 Komentar